Memperbaiki Linksys WAP54G ver.3 (Un-Bricking), dan di Flash langsung dengan dd-wrt generic/hyperwap/original Firmware

PERHATIAN!!! penulis tidak bertanggung jawab atas kerusakan alat yg mungkin terjadi dalam proses un-bricking. penulis hanya ingin berbagi pengalaman dalam un-briking WAP54G milik penulis. proses un-bricking dengan metoda jumper/short cable ini sangat berbahaya, dapat berakibat kerusakan total pada alat WAP54G

INTRO:
Linksys WAP54G merupakan wireless access point (wireless access point device) dengan kapasitas kecepatan transfer up to 54 Mbps (<– udah kayak ISP aja pake up-to… he…he…he..). untuk harga kisaran 700 s/d 800 ribu, menurut saya agak kemahalan, karena kita bisa beli WRT54G (wireless router dengan 1 WAN-Port dan 4 LAN-Port) seharga 600 ribuan. D-Link DIR-300 juga merupakan alternatif bagi saya, karena semua alat di atas pasti saya flash ulang ke dd-wrt firmware…. (dengan harga di bawah 1jt saya bisa mendapatkan fitur-fitur yg lengkap).
Saya sudah cukup lama memiliki WAP54G ini,pertama kali membeli di tahun 2004 akhir alat ini saya pakai sebagai access point dengan firmware standard dan fitur seadanya. setelah beberapa tahun, saya menemukan firmware dd-wrt dan ingin mencobanya. karena tidak membaca how- to-nya setelah flash dan reboot, tiba-tiba WAP54G mati!! OMFG!! seharusnya 3 led warna merah, hijau, kuning menyalah semua ketika WAP54G tercolok listrik, tapi untuk kali ini tidak semua led menyalah. mencoba untuk masuk ke WAP54G admin page di http://192.168.1.245(default ip untuk WAP54G) dan 192.168.1.1(default IP for DD-WRT) error, coba ping ke ke WAP54G (ping 192.168.1.245 dan 192.168.1.1) juga tidak ada respond alias error. browsing-browsing nyari jawaban, ternyata WAP54G saya nge-brick.
browsing sana sini cari cara untuk un-brick, akhirnya saya menemukan beberapa cara salah satunya dengan jtag. cara termudah dan simpel, namun sangat berbahayalah yg akhirnya saya pilih, dengan pertimbangan WAP54G sudah brick alias mati.nekad mencoba untuk men-jumper flash memory dengan harapan WAP54G dapat ber-operasi kembali. Sebelum nya saya peringatkan, bahwa menjumper kaki-kaki komponen elektronic sangatlah BERBAHAYA. salah2 bisa mati total alat tsb.
PROSES FLASHING:
hal-hal berikut yg di butuhkan:

  • Komputer dengan Operating system yg sudah di lengkapi software TFTP. dalam hal ini saya menggunakan windows vista home premium. dalam vista home sudah di tengkapi dengan software tftp, tapi secara default (standard instalasinya) belum di aktifkan. (baca cara mengaktifkan tftp client di vista)
  • cat-5 (utp) kabel (lan kabel).
  • dd-wrt micro_generic.bin file atau original linksys WAP54G firmware file atau hyperwap firmware file (untuk dd-wrt dan hyperwap firmware harus yg cocok untuk WAP54G, saya sarankan untuk mencari tahu di situsnya masing-masing)
  • obeng kembang kecil untuk membuka baut WAP54G
  • kabel listrik serabut untuk jumper. (saya menggunakan kable audio yg saya beli di ace hardware).

WAP54G ver.3 yg saya miliki di lengkapi dengan flash chip merk SST. Chip tersebut terdapat di bagian bawah motherboard WAP54G (ciri-ciri ada tulisan SST-nya). sebelumnya copot kabel power dan buka dulu karet tutup di kaki bawah depan WAP54G, di dalamnya terdapat 2 baut + (plus/kembang). tarik bagian depan (plastik biru) WAP54G, memeng agak keras, harus sedikit di paksa, gunakan tenaga yg kuat namun lembut untuk mencegah merusak komponen-komponen elektrik di dalamnya.
setelah plastik biru copot, buka plastik tatakan bawahnya. caranya hanya nenggeser sedikit dan tarik kebawah. PERHATIAN, dalam menggeser tatakan bawah jangan tergesa-gesa atau dengan tenaga keras. karena terdapat kabel antena yg menyambung ke konektor untuk menyambung antenna bawaan di bagian belakang WAP54G.
setelah bagian depan dan bawah terbuka, lepaskan juga konektor antenna-nya agar pada proses pen-jumperan lebih leluasa.
Board WAP54G terdapat 2 baut plus yg harus di lepaskan, setelah board lepas, lihat di bagian bawah board dan carilah chip SST tsb.short/jumper pin 16 ke ground.gunakan kabel serabut yg telah di solder ke dua ujung nya agar semua serabut menyatu dan membuat kabel tsb lebih kecil dari ujung peniti. Solder salah satu ujung kabel ke ground. ground terdekat adalah plat besi di tombol “Easy Secure” atau bisa juga menggunakan ring terluar konektor antenna.
Sebelum menjumper pin-16, set komputer lan anda ke 192.168.1.2 (gunakan ethernet/lan kabel. dilarang keras menggunakan wireless lan). colokan kabel lan ke komputer dan port lan WAP54G. cari pin-16 di chip SST. Untuk mengidentifikasi pin-16, pada chip SST tersebut terdapat dot hitam di pojok chip, itu adalah tanda pin-1, sebelahnya persis adalah pin-2. urutkan hingga no-16.
persiapkan file firmware yg ingin di flash, terserah mau yg mana (dd-wrt, hyperwap atau yg original) simpan file firmware tersebut di root C: untuk mempermudah prosess flashing. dalam hal ini saya menggunakan firmware dd-wrt, nama file “dd-wrt.v24-11296_NEWD_micro.bin” saya rename ke “ddwrtfirm.bin” untuk mempermudah.
Prosess:

  1. buka command prompt pada vista (saya melakukannya dengan vista), buka lagi untuk yg ke dua. untuk yg pertama ketikan “ping -t 192.168.1.245” tanpa kutip lalu tekan enter.
  2. buka lagi command prompt untuk yg ke dua, ketik “tftp -i 192.168.1.245 PUT C:\ddwrtfirm.bin” tanpa tanda kutip. jangan tekan enter, dalam kondisi windows command promt ke-2 aktif,
  3. dalam kondisi WAP54G tidak tercolok listrik alias off, jumper(sambungkan) kabel yg sudah di solder ke ground tadi ke pin-16, colokan adaptor WAP54G ke WAP54G agar WAP54G menyala(on), tunggu 2 detik (harap waktu anda tepat 2 detik aga proses ini berhasil).
  4. liat windows command prompt pertama yg berisi command ping. proses jumper sukses jika anda melihat respond ping di command prompt pertama.
  5. begitu melihat respon ping, segeralah menekan enter untuk command prompt ke-2. tunggu beberapa menit, jika berhasil, tftp akan merespond bahwa transfer sukses.
  6. setelah sukses, tunggu beberapa menit hingga ketiga led WAP54G menyala, jika ketiga led menyala artinya WAP54G telah berhasil di un-brick.
  7. jika proses tidak berhasil maka ulangi proses no 3-6.

Selamat proses un-brick selesai, kembalikan settingan ip computer ke dhcp dengan mengaktifkan automatic obtain IP address untuk firm dd-wrt. untuk firm hyperwap ip 192.168.1.2 tetap dapat di gunakan. original gunakan software linksys yg dapat di download di ftp linksys. set firmware baru anda. untuk dd-wrt anda harus merubah username dan password bawaan firmware. selamat mencoba, semoga bermanfaat……

author
Author: 
CARA MELAKUKAN POINTING Wireless
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum
Tips’s memperluas jangkauan sinyal wireless indoor
Pada umumnya jangkauan sinyal wireless 2.4Ghz berbeda
Limited or No Connectivity Pada Windows XP
Limited or No Connectivity Pada Windows XP
Sebagai orang yang salah satu tugasnya adalah
Fiber Optic Patch Cables
Fiber Optic Patch Cables
What are Fiber Optic Patch Cables Fiber

Comments are closed.

Must read×

Top